Ayam Goreng Kecap Pedas

Bahan:

  1. 8 potong sayap ayam atau 500 gr ayam, potong2
  2. 1 bh jeruk nipis, ambil airnya
  3. 7 buah/70 gr bawang merah, ditumbuk kasar
  4. 2 lembar daun jeruk purut, iris halus
  5. 1/2 sdt merica bubuk
  6. 4 sdm kecap manis
  7. 1 sdt gula pasir
  8. garam secukupnya
  9. Minyak untuk menggoreng ayam

Bumbu Halus:

  1. 10 buah cabe merah keriting atau cabe rawit merah (tambah jika suka lebih pedas)
  2. 3 siung/9 gr bawang putih
  3. 1 cm/5 gr jahe (ganti dengan 1/2 sdt jahe bubuk jika tak ada)
  4. 3 buah kemiri (optional, jika suka lapisan bumbu yang lengket/kental)
Bahan Ayam Goreng Kecap Pedas
Bumbu Ayam Kecap Pedas.jpg
Bawang Merah Ulek Kasar
Sayap Goreng Kecap Pedas
Tumis Bumbu Ayam Kecap Pedas
Masak Ayam Kecap Pedas
Kecap Untuk Ayam Pedas
Ayam Goreng Kecap Pedas

Ayam Goreng Kecap Pedas

Sumber : Resep Keluarga

Tips!!

Jika memungkinkan pakailah ayam kampung. Meski ukurannya kecil rasanya lebih gurih. Tapi kalau susah didapat seperti di tempat tinggal saya sekarang ya silakan pakai ayam yang ada. Sayap ayam ras biasanya lebih gemuk, jadi sebaiknya ayam digoreng lebih lama supaya dalamnya benar2 matang.

Irisan daun jeruk purut memberikan aroma wangi dan cita rasa sedap pada ayam goreng. Untuk anda yang tinggal di LN, kalau tidak tersedia daun jeruk segar, beli daun jeruk purut dalam paket beku atau sediaan kering. Pastikan bumbu ditumis sampai benar2 matang sebelum ayam dimasukkan supaya bumbu tidak berbau sengar/langu.

Cara Membuat:

  1. Cuci ayam, lumuri dengan garam dan setengah dari belahan jeruk nipis. Simpan dalam kulkas selama 15 menit.
  2. Haluskan bahan bumbu halus dengan cobek atau blender. Sisihkan.
  3. Tumbuk kasar bawang merah. Sisihkan.
  4. Panaskan minyak secukupnya, goreng ayam dalam minyak panas sampai matang. Sisihkan.
  5. Tumis bawang merah dengan sedikit minyak sampai transparan dan berbau harum.
  6. Masukan bumbu halus dan irisan daun jeruk purut, aduk2 hingga bumbu benar2 matang dan berbau harum.
  7. Masukkan ayam goreng dan kecap manis. Aduk hingga rata.
  8. Masak dengan api kecil hingga bumbu merasuk ke ayam.
  9. Terakhir tambahkan 1 sdm sisa air jeruk nipis. Angkat dan sajikan hangat bersama Oblok Oblok Sayuran atau Sayur Bobor.






Reviews & Comments


  |  2014-11-23 05:23:17

Henny Kusumawati from luwuk indonesia says:

Yummyyyyy

and spicy ;-)


  |  2015-10-15 18:44:19

titi from solo says:

mba endang bagi resep ayam/lele bumbu rujak dong...aku cari2 kok kayak nya belum ada ya mba...trims :)

Titi....Lha itu sudah ada resep Ayam Panggang Bumbu Rujak ( sub menu Jawa & Madura). Resep ini fleksibel, mau dimakan sama kuahnya namanya Ayam Bumbu Rujak. Mau dimasak sampai bumbu mengental trus dipanggang di oven namanya Ayam Panggang Bumbu Rujak. Bahan tentu saja bisa diganti sesuai selera pakai Ikan/lele misalnya spt Titi bilang. Ini resep favorit saya dan kebanyakan pembaca, sudah banyak yang nyoba kayaknya banyak yg cocok tuch. Sekarang giliran Titi..Semoga sukses juga. Salam...Endang.


  |  2015-11-25 22:39:46

titi from solo says:

mb endang..aku udah nyoba resep ini,tapi rada gosong,padahal masaknya baru bentar lho..klo misal ditambah air trus dimasak agak lama dikit biar bumbu meresap gimana ya mba? biar g cepet kosong gitu karena g ada element air nya sama sekali...

Ya ditambah sedikit air saya rasa nggak apa-apa ntar kan airnya menguap juga ;-). Terlalu semangat itu kompornya sampai ayamnya gosong hi hi. Tapi yang penting kan masih enak. Ayo coba lagi, ntar lama-lama kan jadi koki kreatif, pengalaman adalah guru terbaik, tul nggak Non? Salam...Endang


  |  2015-11-24 08:49:55

titi from solo says:

padahal enak lho...hehe sayangnya rada gosong :D




Write your own review:

Your rating:

      
      
      
      
      
      

Your name:

Your location:

Write your text:

Write your review:




Copyright @ 2009- 2014 | all rights reserved Lestariweb.com | Design by Lestariweb.com

Contact Us   Sitemap   Impressum & Disclaimer

Thank's a lot for visiting our site. Have fun while cooking and enjoy your meal!

Endang Lestari