Asem (Daging) Buncis

Bahan:

  1. 500 gr daging sapi
  2. 150 gr buncis, potong2 sekitar 3 cm
  3. 2 buah wortel, iris2 tipis
  4. 5 bh bawang merah, iris tipis
  5. 3 bh bawang putih, iris tipis
  6. 5 buah cabai hijau atau merah, potong2 setebal 1 cm
  7. 3 bh tomat hijau, belah 4 atau 8
  8. 2 cm lengkuas, iris tipis
  9. 2 bh daun salam
  10. 1 sdm asam
  11. 5 sdm kecap manis
  12. 2 sdt gula merah
  13. garam sesuai selera
  14. 1.5 liter kaldu atau air
Bahan Asem Asem Buncis
Asem Asem Buncis

Asem - Asem (Daging) Buncis

Asal: Semarang - Jawa Tengah

Sumber: Ibu Saya.

Catatan!

Ini dia sayur yang selalu mengingatkan saya pada kampung halaman, pada seorang ibu yang telah mengajarkan segudang ilmu di dapur tanpa terkesan mendikte atau menggurui. Ilmu itu mengalir sederhana dan tanpa terasa mengendap dalam ingatan setelah bertahun-tahun menyaksikan atau menjadi co-pilot alias bantu2 ibu saat memasak ;-) Ilmu yang kemudian harus saya gali kembali dari ingatan di saat saya melakukan eksperimen dengan metode "Try & Error" di dapur yang kini saya piloti sendiri hi hi. Kadang langsung sukses, kadang harus cek and recek kembali ke narasumber. Tujuannya biar memuaskan semua pihak khususnya anda yang mau uji nyali untuk mencoba resep baru.

Apakah anda juga punya kenangan manis tentang Asem-Asem Buncis?? Tak ada salahnya anda membuat sendiri. Rasanya yang komplit, paduan antara pedasss, asam dan manis, dimakan dengan nasi hangat dan lauk kerupuk hmmmmmmmmmmmmmmmm......sedap dan segar di tenggorokan!!!!! Bagi anda yang vegetarian, silahkan sisihkan daging dari resep. Dijamin rasanya tetap enak dan lezat. Selamat Mencoba..

Cara Membuat:

  1. Panaskan 2 liter air sampai mendidih, *** kemudian masukkan daging.
  2. Masak daging sampai empuk dengan api sedang untuk mendapatkan kaldu yang jernih.
  3. (Jika perlu buang lemak yang muncul di permukaan air).
  4. Setelah daging empuk, angkat dari panci, potong2 sesuai selera.
  5. Ukur sisa kaldu sebanyak 1.5 liter, jika perlu tambahkan air.
  6. Masukkan potongan daging ke dalam kaldu kembali. Sisihkan.
  7. Tumis irisan bawang merah, bawang putih, cabe, tomat dan lengkuas sampai bumbu benar2 matang dan berbau harum.
  8. Masukan buncis dan wortel ke dalam tumisan bumbu, masak sampai sayuran agak layu. Aduk terus menerus agar sayuran tidak gosong.
  9. Tuang tumisan bumbu dan sayuran ke dalam rebusan daging. Tambahkan daun salam. Didihkan kembali.
  10. Masukkan 1 sdm asam jawa yang sudah dilarutkan dalam air. ( Masukkan asam semuanya, jangan airnya saja supaya rasa asam lebih menggigit).
  11. Tambahkan kecap manis, garam dan gula merah sesuai selera hingga terasa asam, manis dan pedas.
  12. Masak sampai sayuran matang. Angkat dari api.

Catatan:

  1. Masukkan daging dalam air mendidih dan dimasak dengan suhu sedang supaya sari daging terkunci dan terasa lebih gurih.






Reviews & Comments


  |  2013-08-25 15:52:20

resa from kediri says:

sipp..gampang n nikmat..thank you

Setuju!! Sayur ini emang gampang bikinnya, tinggal iris-iris, cemplung2 dach siap disantap. Mmmm seger lagi hujan jadi pingin bikin juga nich he he. Ayo coba terus resep2 yang lain Non siapa tahu ada lagi yang cocok di lidah. Salam...Endang


  |  2013-10-17 22:05:37

rika from semarang says:

Bisa dicoba nih masakannya,,,

Woi.. ada penampakan dari yang punya resep nich he he. Terima Kasih untuk kunjungannya Rika. Monggo dipun sekecak'aken.Salam...Endang


  |  2014-08-28 23:34:14

from says:

Sedaaap

Hallo Sista...How are you?? Masih sempat masak kah? ;-)


  |  2014-09-22 00:07:45

Weni from Houston says:

Kelihatannya enak ini. Yumm. Mba, mau nanya untuk dagingnya pake daging sapi jenis apa?

Hallo Weni. Saya biasanya pakai daging soup saja gak harus yang mahal macam daging has dalam. Daging untuk soup biasanya ada lemaknya dikit tapi malah semakin enak lho ;-). Semoga membantu. Salam..Endang


  |  2015-06-25 18:24:04

azuraa from gubug says:

Aku mau coba buat mennu buka puasa hari ini doakan sukses y.

Silahkan Azuraa. Semoga rasanya bisa menyegarkan setelah puasa seharian. Nggak susah kok, masaknya dari hati, bumbunya cukup dijamin rasanya enak. Selamat Bereksperimen Semoga sukses. Salam...Endang


  |  2015-07-03 19:48:10

ekasetya from kudus says:

Yuup,ini menu favorit keluarga saya.tapi biasanya beli,dan besok saya akan coba buat sndiri. Trimakasih resepnya.

Ayo Eka silahkan dicoba, bikinnya gampang rasanya enak dan segar di tenggorokan. Hmmm sudah lama saya nggak bikin jawab komen jadi ngiler sendiri he he. Selamat Mencoba Semoga Sukses biar gak beli lagi. Salam...Endang


  |  2015-07-13 18:43:45

qiah from surabaya says:

Nanti mw coba aahh....buat buka puasa.....

Selamat Mencoba semoga sukses Qiah..Semoga menyegarkan tenggorokan yang habis puasa seharian..


  |  2015-09-19 23:39:34

Erna from Surabaya says:

Klo daging sapi di gamti dengan daging ayam bisa ya??

Hallo Erna. Kalau bisa tidaknya jelas bisa kan tergantung yang masak he he. Cuman kalau rasanya saya kurang tahu. Umumnya asem-asem buncis ini ada 2 pilihan dengan daging atau tanpa daging sama sekali alias vegetarian. Kalau dengan ayam terus terang saya belum pernah coba. Sekalian Erna bikin percobaan dech, gimana? OK Selamat Bereksperimen Semoga Rasanya juga lezat. Salam...Endang


  |  2015-09-30 20:20:38

Elwi from Semarang says:

sudah dipraktekkan resepnya, semua keluarga suka..makasih ya mbak resepnya.

Wow senangnya saya dapat tamu dari yang punya resep ha ha. Selamat Elwi percobaanya sukses. Berarti resep ini sudah lulus uji coba dari pengamat masakan Semarang asli nich he he. Ayo silahkan dilihat resep-resep yang lain siapa tahu ada lagi yang patut dicoba. Terima Kasih juga sudah uji nyali. Salam...Endang


  |  2015-10-24 22:47:43

adisty from smg says:

Gak ada yg tak suka dri resep mbak lestari...ada bbrp sudah saya coba anak2,suami suka...suka bgt lov lov lov,smga Tuhan slalu membalas ketulusanmu mbak..salam dr klrga kami d semarang

10 Jempol juga untuk ketulusan istri dan ibu teladan ;-). Bakat koki juga nich Adisty, cuma lihat dari internet, masakannya langsung jadi favorit keluarga. Hebat!! Saya juga bukan ahli masak, kebanyakan resep adalah hasil adaptasi, modifikasi dan uji coba dari buku2 yang ditulis para pakar kuliner kita. Dengan memasak resep tradisional kita merawat warisan leluhur sekaligus merawat keluarga tercinta Adis, iya nggak? ;-). Salam Hangat juga untuk keluarga di Semarang.....Endang


  |  2015-11-03 22:17:40

astri from semarang says:

wow banget Aq suka asem asem daging.... mantap deh... nice review

Saya juga suka Astri ;-). Ringan dan segar di tenggorokan hmm. jadi ngiler nich he he..


  |  2015-11-16 20:16:51

kinanti from jepara says:

Terima kasih banget resepnya, aku langsung coba.. Smga berkah, aamiin

Ayo Kinanti. Tunggu apa lagi, bahannya gampang didapat, masaknya praktis dan dijamin rasanya enak..segar di tenggorokan. Semnoga sukses percobaannya. Terima Kasih juga sudah mampir dan uji nyali ;-). Salam...Endang


  |  2015-11-16 20:24:42

Bunda mami from Bali says:

Inilah resep yang kucari pasti yummy

Nah sekarang setelah ketemu tinggal dipraktekin Bunda ;-). Selamat Mencoba Semoga Berhasil. Salam...Endang


  |  2016-01-14 17:59:58

ritna from jakarta says:

Asam-asam ayam juga enak, prosesnya sama dengan membuat asam2 dengan bahan baku daging.

Hallo Ritna. Terima Kasih untuk masukannya. Saya jadi ingin nyona nich pakai ayam ;-). Semoga info Ritna berguna juga buat rekan-rekan yang lain. Salam....Endang


  |  2016-03-20 22:17:01

Dian from Sidoarjo says:

Dapet juga nih resep asem2 daging...langsung coba ah...makasih mba resepnya

Silahkan Dian. Asem-asem ini tidak bikin mblenger, sesuai namanya rasanya asem-asem segar di tenggorokan. Dimakan saat udara panaspun juga enak. Selamat Memcoba Semoga Sukses. Salam....Endang


  |  2016-05-03 20:43:15

Aminah from Jakarta says:

Sudah coba ini jugaa.. bakal jadi favorit baru. Rasanya sueger.. lebih sedap dari sayur asem. Makan ketika masakannya sudah dingin, makin enak. Bikin nambah nasi terus. Waspada nambah berat badan nih. Trm ksh Mb Endang

Aduh senangnya saya, Jeng Aminah masih semangat masak meski bikin Baksonya gatot ! Iya ini resep memang sueger dan lebih pedas dari sayur asam itu yang bikin ketagihan ha ha ;-). Eh baru tahu saya kalau dimakan dingin jg enak, thanks infonya belum pernah nich makan jenis sup dalam keadaan dingin ;-). Gak usah kuatir diet, itu asamnya bikin lemak luntur ha ha ha ;-)


Write your own review:

Your rating:

      
      
      
      
      
      

Your name:

Your location:

Write your text:

Write your review:




Copyright @ 2009- 2014 | all rights reserved Lestariweb.com | Design by Lestariweb.com

Contact Us   Sitemap   Impressum & Disclaimer

Thank's a lot for visiting our site. Have fun while cooking and enjoy your meal!

Endang Lestari