Asam-Asam Tulangan

Bahan:

  1. 750 gr tulang iga atau tulang sapi berdaging, potong2 sepanjang 5 cm
  2. 2 liter air
  3. 2 buah tomat, belah 4
  4. 3 lembar daun salam
  5. 2 cm/10 gr lengkuas, memarkan atau iris tipis
  6. 5 buah belimbing wuluh, iris kasar (ganti dengan 1 sdm asam dilarutkan dalam air secukupnya jika tak ada)
  7. 2 sdt gula pasir atau sesuai selera
  8. 1,5 sdt garam atau sesuai selera

Bumbu Iris:

  1. 5 buah cabe merah, iris menyerong halus
  2. 3 buah cabe hijau, iris menyerong halus
  3. 10-15 buah cabe rawit, iris kasar (saya biarkan utuh)
  4. 10 butir/100 gr bawang merah, iris tipis
  5. 5 siung/15 gr bawang putih, iris tipis
Bahan Asam Asam Tulangan
Daging Iga
Merebus Tulang Iga
Merebus Dengan Panci Tekan
Bumbu Iris Asam Tulangan
Tumis Bumbu Asam Tulangan
Bumbu Tumis Asam Tulangan
Bumbu Untuk Asam2 Tulang
Cabe Rawit Asam Tulangan
Asam Untuk Asam2 Tulangan
Garam Untuk Asam Tulangan
Tomat Untuk Asam Tulangan
Asam Asam Tulangan Matang
Asam-Asam Tulangan

Asam Asam Tulangan

Asal: Banjarmasin

Sumber: Buku kumpulan resep Indonesia

Catatan!

Sekilas mirip Asem-Asem Daging Buncis dari Semarang tetapi bedanya Asam-Asam Tulangan dari Banjar ini memakai tulang iga atau tulang sapi. Selain itu Asam2 Banjar tidak memakai kecap dan rasanya jauh lebih pedas!!

Terus terang saya suka masakan dari yang serba tulang. Kenikmatan dan sensasi saat menggerogoti secuil daging yang lengket di tulang... hmmmmmmm susah digambarkan dengan kata2 he he. Cukup disantap dengan nasi panas dan kerupuk....rasanya sedap dan segar di tenggorokan :-). Selain itu masaknya juga gampang, bumbu tinggal diiris-iris jadilah sajian sup yang pedas dan lezat!!

Catatan: Dalam resep asli rasa asam didapat dari belimbing wuluh, tetapi karena bahan satu ini susah bahkan tak mungkin didapatkan di tempat tinggal saya sekarang, jadi terpaksa saya ganti dengan larutan asam jawa. Sebenarnya ada bahan lain yang lebih cocok sebagai pengganti yaitu rhubarb (Inggris) atau rhabarber (Jerman) tetapi rhubarb hanya ada di musim panas. Untuk anda yang berada di belahan bumi lain silahkan diganti dengan rhubarb jika ada. Khusus untuk rekan2 dari Banjarmasin mohon maaf atas keterbatasan di atas. Dijamin rasanya tetap enak dan lezat :-)

Cara Membuat:

  1. Panaskan 2 liter air sampai mendidih, *** kemudian masukkan tulang iga atau tulang sapi.
  2. Masak daging sampai empuk dengan api sedang untuk mendapatkan kaldu yang jernih. Jika perlu buang lemak yang muncul di permukaan air.
  3. (Jika tersedia, tulang bisa anda rebus dengan panci tekan selama 25 menit sejak panci mendesis).
  4. Ukur sisa kaldu sebanyak 1.5 liter, jika perlu tambahkan air dan saring dari lemak.
  5. Masukkan potongan tulang daging ke dalam kaldu kembali. Sisihkan.
  6. Tumis irisan bawang merah, bawang putih, cabe, lengkuas dan daun salam sampai bumbu benar2 matang dan berbau harum.
  7. Tuang tumisan bumbu dan masukkan cabai rawit (jika anda biarkan utuh) ke dalam panci rebusan tulang. Didihkan kembali.
  8. Masukkan belimbing wuluh atau 1 sdm asam jawa yang sudah dilarutkan dalam air. (Masukkan asam semuanya, jangan airnya saja supaya rasa asam lebih menggigit).
  9. Tambahkan garam dulu, sampai terasa rasa asin dan asam yang kentara, baru tambahkan gula (jika suka) sesuai selera hingga terasa asin, asam, (manis) dan pedas.
  10. Masak sampai bumbu benar2 meresap. Sesaat sebelum diangkat tambahkan irisan tomat. Masak sampai layu. Angkat dari api dan sajikan panas.

Catatan:

  1. Masukkan daging dalam air mendidih dan dimasak dengan suhu sedang supaya sari daging terkunci dan terasa lebih gurih.
  2. Ada versi Asam-Asam Tulangan di mana bumbu iris tidak ditumis tetapi langsung ditambahkan ke kuah mendidih. Menurut saya pribadi, bumbu tumis lebih mengena dan sedap. Silahkan pilih metode sesuai selera anda.






Reviews & Comments


  |  2015-01-28 18:29:08

ratna badra from lamongan says:

delicious

Agree Ratna ;-)


  |  2015-07-15 18:03:17

mei from france says:

Mbak, kalau resep ini pake rhubarb, rhubarbnya brp banyak ? Pengen nyoba...kebetulan baru nemu rhubarb dan baru tau fungsinya sesdh baca resep ini

Mei coba pakai satu dulu atau kurang lebih setara dengan 5 buah belimbing wuluh lah trus dipotong-potong sekitar 4 cm. Nanti kalau kurang asam kan bisa ditambah daripada terlalu asam soalnya Rhubab kadar asamnya juga lumayan ;-). Selamat Mencoba ...Semoga Sukses.


  |  2015-07-17 16:42:17

mei from france says:

Ok, trus punya resep garang asem ayaM gak mbak ? Mau jg dong kalau ada hehehehe...btw met idul fitri ya mbak...:D

Sorry gak punya Mei. Lagian resep Garang asem macem-macen tiap daerah beda jadi bingung mau yang mana. Kalau menurut saya mirip pepes ayam bersantan, betulkah itu Garang Asem yang dimaksud? Saya cuman punya resep Garang Asem Tulang Iga tapi khas Bali. Inipun mau praktek gak bisa sampai sekarang karena gak nemu Tulang Iga sapi di sini. Selamat Idhul Fitri juga Jeng, semoga gak sedih berlebaran di negeri rantau. Hari ini seperti biasa saya juga musti kerja ;-(. OK dech resep Garang Asemnya cari di warung lain ya he he. Salam....Endang


  |  2015-07-19 20:09:37

mei from france says:

hehehe..aku ngerayain natal mbak, tp thanks anyway... yg penting niatnya bermaafan hahaha pdhl gak nduwe salah yo....iya garang asem ayam emang ada macam2 versi sampe bingung googling nya..akhirnya hr ini nyoba pake resep hasil nyontek sana sini, enak sih...cm kapok ah ribet bungkusnya hahaha..mending nti nunggu balik indo aja br makan garang asem ayam...tp thanks banget lho utk info rhubarbe nya..jd tau pengganti belimbing wuluh hehe..intinya thanks utk semua trik2 yg dibagikan di setiap resep

He he he ..yo wis salah waktu kalau gitu tapi yang penting niatnya baik. Saya terbiasa mengucapkan selamat di hari Idul Fitri maupun Hari Natal setiap tahun soalnya keluarga saya di Indo berasal dari kedua sisi Mei ;-). Kalau Lebaran ke keluarga besar Bapak kalau Natal ke keluarga besar Ibu. Macam resep, beda bumbu dan racikan tapi kalau menyatu menjadi indah dan harmonis ;-) Ngomong2 garang asem kalau ribet ya dibungkus alu-foil saja beres he he. Ths juga sudah wira-wiri mampir ke warung saya. Selamat Menikmati Sisa Akhir Pekan


Write your own review:

Your rating:

      
      
      
      
      
      

Your name:

Your location:

Write your text:

Write your review:




Copyright @ 2009- 2014 | all rights reserved Lestariweb.com | Design by Lestariweb.com

Contact Us   Sitemap   Impressum & Disclaimer

Thank's a lot for visiting our site. Have fun while cooking and enjoy your meal!

Endang Lestari